Varian Bus Pariwisata Tipe JETBUS
JETBUS MC
Kebanyakan menggunakan mesin Isuzu Elf namun tidak sedikit
juga yang menggunakan mesin Mitsubishi Canter , Hino Dutro, dan Toyota Dyna. Plat
rangka berbahan Plat Galvanil yang terkenal ringan dan kuat. Model karoseri ini
memiliki kapasitas 11 penumpang (Short Chasis) – 17 penumpang (Long Chasis). Salah satu yang membuat
menarik dari model ini adalah penyematan lampu belakang Ford Ranger.
JETBUS MCT
Tipe JETBUS ini masih dengan kapasitas penumpang layaknya
tipe JETBUS MC. Perbedaan terasa pada penggunaan air suspension dan automatic
sliding door membuat tipe JETBUS ini jadi terkesan lebih mewah.
JETBUS (non HD)
Produksi pertama hasil pengembangan dari model Travego.
Produk ini muncul setelah perusahaan karoseri Adiputro mengeluarkan model New Marcopolo
sebelumnya.
Merupakan varian JETBUS produksi Adiputro yang diperuntukkan
untuk Bus Pariwisata tipe Medium. Pada umumnya tipe ini menggunakan chasis
Mitsubishi FE84BC, Hino FB, Isuzu, maupun Hyundai Mighty.
Super JETBUS MD
Sama seperti JETBUS MD yang diperuntukkan untuk Bus
Pariwisata tipe Medium, tipe ini merupakan penyempurnaan dari tipe JETBUS MD. Perbedaan
nampak terlihat pada penambahan 4 titik sensor parkir di bumper belakangnya,
penambahan 2 stop lamp dibawah stop lamp utama, penambahan 4 buah variasi
lubang muffler kenalpot, dan penambahan gril pada bagasi belakang sehingga
menyerupai bagasi pada bus besar premium class bermesin belakang. (Baca: Bus Pariwisata Body JETBUS)
Banyaknya peminat pada model JETBUS produksi pertama yaitu
JETBUS(non HD) membuat Adiputro berusaha lebih mengembangkan model ini agar
lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Perombakan-perombakan kecil dilakukan
terutama bertujuan demi kenyamanan penumpang yaitu dengan mininggikan dek
sehingga penumpang bisa mendapatkan view yang lebih leluasa baik ke arah depan
maupun samping.
Tidak ada perbedaan yang begitu mencolok dengan model
sebelumnya yaitu JETBUS HD. Diantaranya yaitu dengan perubahan pada bentuk stop
lamp tambahan sehingga nampak lebih besar dan memanjang. Kenalpot dirubah
dengan menggunakan double mufler.
Karoseri Adiputro terus melakukan penyempurnaan pada versi
JETBUS HDSE dengan melakukan perubahan pada titik sensor parkir menjadi 5 titik
pada body belakang, kemudian perubahan juga terlihat pada penambahan 4 muffler
knalpot pada tipe ini.
Tidak ada perubahan
begitu berarti dari model ini dari varian sebelumnya yaitu Super JETBUS.
Perbedaan hanya terlihat pada sekat antara penumpang dengan pengemudi.
Penyempurnaan dari varian JETBUS tipe sebelumnya, terutama
pada sisi eksterior tampilan depan yang dibuat lebih modern, penyematan stop
lamp tipe Travego dan pengunaan 4 buah muffler knalpot. Sepanjang yang kami
ketahui, tipe ini kebanyakan menggunakan chasis Mercedes Benz OH 1836 Euro 3.
Terlihat digunakan oleh PO Zentrum, tidak terlihat perubahan
berarti pada varian JETBUS tipe ini selain pada warna dan motif livery.
Varian ini terlihat digunakan oleh PO Zentrum pada bulan April
2013. Dengan besutan mesin Mercedez Benz OH 1526 Euro 3 menggunakan transmisi
otomatis. Kelebihan pada tipe ini terletak pada penggunaan Air suspension untuk
memanjakan penumpangnya.
Sumber:
adiputrogroup.com
bismania.com
kaskus.co.id
sewabusbanyuwangi.wordpress.com
dan berbagai sumber lainnya.
Sumber:
adiputrogroup.com
bismania.com
kaskus.co.id
sewabusbanyuwangi.wordpress.com
dan berbagai sumber lainnya.
Artikel Terkait
No comments:
Post a Comment