Thursday, July 23, 2015

Varian Bus Pariwisata Tipe JETBUS

JETBUS MC
Kebanyakan menggunakan mesin Isuzu Elf namun tidak sedikit juga yang menggunakan mesin Mitsubishi Canter , Hino Dutro, dan Toyota Dyna. Plat rangka berbahan Plat Galvanil yang terkenal ringan dan kuat. Model karoseri ini memiliki kapasitas 11 penumpang (Short Chasis) – 17 penumpang  (Long Chasis). Salah satu yang membuat menarik dari model ini adalah penyematan lampu belakang Ford Ranger.

JETBUS MCT
Tipe JETBUS ini masih dengan kapasitas penumpang layaknya tipe JETBUS MC. Perbedaan terasa pada penggunaan air suspension dan automatic sliding door membuat tipe JETBUS ini jadi terkesan lebih mewah.

JETBUS (non HD)
Produksi pertama hasil pengembangan dari model Travego. Produk ini muncul setelah perusahaan karoseri Adiputro mengeluarkan model New Marcopolo sebelumnya.

JETBUS MD
Merupakan varian JETBUS produksi Adiputro yang diperuntukkan untuk Bus Pariwisata tipe Medium. Pada umumnya tipe ini menggunakan chasis Mitsubishi FE84BC, Hino FB, Isuzu, maupun Hyundai Mighty.

Super JETBUS MD
Sama seperti JETBUS MD yang diperuntukkan untuk Bus Pariwisata tipe Medium, tipe ini merupakan penyempurnaan dari tipe JETBUS MD. Perbedaan nampak terlihat pada penambahan 4 titik sensor parkir di bumper belakangnya, penambahan 2 stop lamp dibawah stop lamp utama, penambahan 4 buah variasi lubang muffler kenalpot, dan penambahan gril pada bagasi belakang sehingga menyerupai bagasi pada bus besar premium class bermesin belakang. (Baca: Bus Pariwisata Body JETBUS)

JETBUS HD
Banyaknya peminat pada model JETBUS produksi pertama yaitu JETBUS(non HD) membuat Adiputro berusaha lebih mengembangkan model ini agar lebih sesuai dengan kebutuhan pasar. Perombakan-perombakan kecil dilakukan terutama bertujuan demi kenyamanan penumpang yaitu dengan mininggikan dek sehingga penumpang bisa mendapatkan view yang lebih leluasa baik ke arah depan maupun samping.

JETBUS HDSE
Tidak ada perbedaan yang begitu mencolok dengan model sebelumnya yaitu JETBUS HD. Diantaranya yaitu dengan perubahan pada bentuk stop lamp tambahan sehingga nampak lebih besar dan memanjang. Kenalpot dirubah dengan menggunakan double mufler.

SUPER JETBUS
Karoseri Adiputro terus melakukan penyempurnaan pada versi JETBUS HDSE dengan melakukan perubahan pada titik sensor parkir menjadi 5 titik pada body belakang, kemudian perubahan juga terlihat pada penambahan 4 muffler knalpot pada tipe ini.

SP JETBUS HD
Tidak ada perubahan begitu berarti dari model ini dari varian sebelumnya yaitu Super JETBUS. Perbedaan hanya terlihat pada sekat antara penumpang dengan pengemudi.

New JETBUS HD
Penyempurnaan dari varian JETBUS tipe sebelumnya, terutama pada sisi eksterior tampilan depan yang dibuat lebih modern, penyematan stop lamp tipe Travego dan pengunaan 4 buah muffler knalpot. Sepanjang yang kami ketahui, tipe ini kebanyakan menggunakan chasis Mercedes Benz OH 1836 Euro 3.

JETBUS +
Terlihat digunakan oleh PO Zentrum, tidak terlihat perubahan berarti pada varian JETBUS tipe ini selain pada warna dan motif livery.

ZE JETBUS Matic

Varian ini terlihat digunakan oleh PO Zentrum pada bulan April 2013. Dengan besutan mesin Mercedez Benz OH 1526 Euro 3 menggunakan transmisi otomatis. Kelebihan pada tipe ini terletak pada penggunaan Air suspension untuk memanjakan penumpangnya.

Sumber:
adiputrogroup.com
bismania.com
kaskus.co.id
sewabusbanyuwangi.wordpress.com
dan berbagai sumber lainnya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment